Saturday, April 14, 2012

This one too about economy


UKM Bersatu, Bikin Indonesia Maju.

Hallo Juragan..!

Masih tetap Semangat ya pantengin Forum UKM, Kali ini ane mau share thread seputar UKM gan, moga bisa menginspirasi ya.. 

Mungkin agan udah pada tau ya, Pasca ACFTA,(wah, apa tuh ACFTA yah??)  era perdagangan skala global bebas bener2 di depan mata. Sekedar info aja buat yang belum tau ACFTA, ACFTA itu singkatan dari ASEAN China Free Trade Agreement, sebuah kesepakatan perdagangan bebas antara negara2 ASEAN dan China.

Bersyukur nih gan, karena ternyata tingkat kewirausahaan nasional Indonesia udah mulai beranjak ke angka 1,56% dari populasi penduduk. Nah, itu artinya nggak lama lagi batas minimum 2% wirausaha yang merupakan prasayarat sebuah negera sejahtera akan segera tercapai. Asiik dah! 

Kabar baik ini nggak boleh bikin kita cepet puas n justru berleha-leha ya gan, tetep waspada! :

Masih banyak PR yg mesti kita kerjain bareng2. UKM punya banyak keterbatasan, apa aja tuh? Yuuk coba kita list:
1. Kompetensi manajerial,
2. Profesionalisme tim,
3. Akses finansial
4. Jaringan pasar. 


Oleh itu gan, udah saatnya ni tiap wirausaha UKM dari komunitas manapun untuk bergandengan tangan bikin sebuah ketahanan sektor riil yang tahan banting dari serbuan impor n aksi korporasi global.

Masih inget gan, Ketika PILLAR merilis ide Entrepreuneur 5000?? , banyak yang terperangah menyadari betapa kita cuma beberapa langkah lagi menuju era baru ekonomi Indonesia.
Yaitu saat Indonesia berpendapatan per kapita USD 5,000 yang insya Allah akan tercapai tahun 2013 mendatang. 
Yaitu sebuah masa di mana kelas menengah menjadi penggerak utama ekonomi bangsa. 
Yaitu ketika UKM betul-betul jadi pillar ekonomi negeri yang menggerakkan nggak cuma roda perekonomian rakyat di lapangan, tapi juga jadi benteng bangsa ini dari berbagai krisis ekonomi global yang melanda dunia.


Indonesia adalah surga terindah bagi para pebisnis baru, jadi sebuah ungkapan yang agaknya emang pas buat negeri ini. Survei BBC World Service 2010 telah ngebuktiin hal itu gan.

Tapi, apa kita udah cukup puas dengan banyaknya wirausaha UKM baru yang bermunculan di pelosok negeri ini ??
Nah, Justru tantangan baru muncul gan, dan ini sebuah pertanyaan besar. Apakah booming entrepreuneurship di negeri ini Cuma jadi euforia musiman belaka ?

Daya tahan kita yang sesungguhnya sebagai pengusaha ditentukan dalam kurun waktu 5-10 tahun yang akan datang.

Kita akan lihat, berapa banyak nih wirausaha UKM yang masih bertahan. Seberapa kuat kita akan bertahan ? hayoo...

Seorang sahabat yang bijaksana pernah bilang gini gan, kita adalah tipe bangsa pemakan rumput. Beda dengan bangsa barat yang merupakan tipe bangsa pemakan daging, saling memakan satu sama lain, individualis dan saling berkompetisi.

Sebagai bangsa pemakan rumput, kita justru jauh lebih bahagia ketika saling berbagi, gotong-royong mencapai sukses bersama. Begitu juga dalam hal berbisnis n berinvestasi. Lihat aja, pertumbuhan komunitas wirausaha di negeri ini gan, coba perhatikan. Negara mana lagi yang punya komunitas wirausaha yang banyak n beragam seperti Indonesia ?!


Cuma di Indonesia bisnis dan investasi dijalani secara berjamaah. Belajar bisnis bareng2. ngembangin pasar rame2. Investasi n bersedekah juga berombongan.
Unik, sekaligus membanggakan bukan ?

Karena itu, bukan jadi karakter pengusaha bangsa ini menghadapi serbuan liberalisasi pasar bebas secara individual dan saling membunuh satu sama lain. Justru, kita ini bangsa yang kuat karena bersatu dan menghadapi tantangan bersama-sama. Dan ini adalah saat yang paling tepat untuk menyingkirkan semua perbedaan antara kita dan pesaing kita gan, antara komunitas kita dan komunitas tetangga sebelah, antara jaringan bisnis kita dan jaringan bisnis lainnya.

Agan tau kenapa?? Karena kompetisi murni bukan jadi jawaban terbaik bagi bangsa ini gan, tetapi kolaborasi, sekali lagi gan, Kolaborasi!.


Eiiits, kolaborasi bukan berarti mematikan semangat persaingan lho..!
Semangat persaingan sehat perlu dibangun untuk tetap maju.
Kolaborasi ini artinya tiap pihak menyadari keterbatasan dan kekuatan masing-masing, dan karenanya perlu berkolaborasi, saling menyatukan kekuatan yang membuat kita sebagai UKM bisa tumbuh dan besar bareng2 di segmen pasar masing-masing.

Kita masih terlalu kecil untuk berjuang sendiri-sendiri gan, sementara pasar domestik maupun global masih terlalu besar untuk diarungi bersama.

Sebuah kolaborasi besar antar UKM Indonesia semoga segera terbangun. Ini juga yang jadi semangat awal PILLAR dan Indonesian Business Forum menggelar Indonesian Business & Entrepreneurship Conference (IBEC) pada 7 April nanti. Semoga di konferensi UKM terbesar di Indonesia ini bisa terlahir sebuah kolaborasi raksasa antara para pelaku UKM dari berbagai bidang bisnis, kompetensi, dan komunitas usaha dalam sebuah agenda besar : menjadi tuan rumah di negeri sendiri pada era pendapatan per kapita USD 5000 mendatang.

Segitu dulu gan sharenya, Oya, agan2 Kaskuser juga udah banyak yang ikutan IBEC lho, silahkan buat agan2 yang belum daftar, segera daftar via kaspay , mungkin kuota masih tersedia.


Sampai jumpa di IBEC 7 April 2012 di Plaza Bapindo Jakarta gan!


Go Entrepreneur Indonesia
Sukseskan Indonesia Business & Entrepreneurship Conference 2012
Ajang berkumpul entrepreneur & investor Indonesia
www.ibecindonesia.com

No comments:

Post a Comment